Sunday, November 2, 2008

Kayaknya cocok kerja di tanah

Mulai kembali ke rutinitas kuliah yang sibuk dan tugas seabrek! Edannnnnnn...tugas bejibun banyaknya. Errr bikin hidup normal 3 bulan kemaren tinggal kenangan. Tugas paper, ini itu means that i have switch my bed-time in the afternoon and sleep so late till mid-nite drop! Kebiasaan menunda pekerjaan.
O ya, heran banget semester ini tugas laporan banyak banget. Apalagi ditambah satu kegiatan baru yaitu Tutorial. Kuliah MAD *gila* (Metode Analisis Data) semester ini mengambil langkah baru buat serius dalam bidang olah data arkeologi. Nah, makanya sang pengampu bikin kegiatan tutorial diluar jam kuliah biar kita makin mantep dalam praktek. Intinya tutorial itu kayak praktikum di laboratorium. Analisa sedimen--tugas, analisa butir pati--tugas, analisa temper--tugas, latian pake' mikroskop, analisa mineral berat--cuci tangan pake' broform *ini jangan ditiru!*
Yang lumayan seru adalah tutorial analisis gerabah. Jadi, kita cuma dikasih sebuah fragmen (pecahan) dari gerabah terus habis itu dari sana kita nyoba interpretasi gimana bentuk gerabahnya kalo utuh. Imajinatif banget kan' tuh! Padahal kadang fragmen gerabah yang ditemuin pas penggalian paling cuma cuilan dari badan atau kalo untung ya dapet fragmen bagian bibir.
Cara gambarnya nih ya..
1. Siapin alat: jangka sorong, pensil, penggaris, sisir antik, sama tabel diameter *yang kayak peta buat fengshui*
2. ambil pecahan gerabah terus dikira-kira berapa diameter gerabah tersebut.
3. Habis itu digambar dalam secarik kertas, boleh secara skalatis *skala 1:4,5 juga boleh*
4. trus fragmen tadi di bentuk di atas sisir antik--detil lekukan
5. baru bisa diinterpretasikan bentuknya kira-kira gimana
Gampang kok, serius gampang! Secara teori. Prakteknya? Ribbeeeeeeeeeeeeeeeeettttt..
Nggak skalatis lah, nggak detillah, interpretasinya nggak jelas! huuuu!
Anyway, dari beberapa tutorial kemaren sih kentara jelas bahan yang dikuasai dan yang nggak mampu sama sekali. Kalo soal itungan--udah deh nyerah..apalagi urusan sama broform yang dengan begonya malah buat cuci tangan.
Jadi kayaknya, saya cocok kerja sama gerabah deh!

No comments: