Saturday, November 24, 2007

Geomorfologi : Episode 2

24 November 2007, hari ini cukup cerah. Panas, sedikit berawan nampaknya nggak hujan. Syukur deh, karena hari ini kuliah lapangannya ke daerah Pantai. Asyik!


Destinasi hari ini menuju, kali bawang, panggang-sekitarnya, dan terakhir Parang Kusumo untuk melihat fenomena gumuk pasir yang ada satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.


*jujur aja, dari tadi aku nggak begitu peduli dengan kuliah dari asdosnya dan malah sibuk motret. Jadi kekuranganku di sini adalah nggak bisa ngasih review yang baik di tiap kawasan yang ku datangi!*


Hari ini kami mencoba untuk melihat-lihat apa saja perubahan yang terjadi pada permukaan bumi. Proses pembentukan muka bumi yang seperti sekarang ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan sampai sekarangpun bumi masih beraktivitas melakukan pembentukan.


Kalo kemaren kita ngeliat daerah pegunungan, bagaimana jenis tanah dan melihat batuannya. Maka hari ini di daerah pantai kita juga melihat banyak sekali perubahan rupa bumi yang terjadi. Bagaimana tanah di sana telah mengandung banyak lempung karena proses pergeseran atau melihat perbedaan morfologi antara bentuk batuan pegunungan dengan di daerah dataran rendah.


Selain itu juga kita melihat pegunungan gamping yang memanjang luas. Bagaimana proses pelarutan terjadi. Batu gamping yang terkena asam kemudian akan melarut, dan setelah proses yang panjang nyaris ribuan tahun maka kemudian terbentuk pegunungan karst. Kurang lebih sih gitu...


Ehm...nggak yakin dengan penjelasannya karena pasti salah.


Hari ini nggak bisa dihabiskan sampe' sore karena ada rencana lain. Nggak cukup banyak motret untuk hari ini karena mungkin kurang bisa eksplor daerah tersebut.


Tapi cukup menyenangkan melihat laut dari kejauhan di atas motor. Melewati jalanan yang berliku dan menembus pegunungan. Indah banget pemandangannya...


heheee

No comments: