Sunday, November 4, 2007

SKS (Situs ke Situs) 2007

Tanggal 4 November ini akhirnya dilaksanakan juga tradisi turun temurun dari jaman baheula Arkeo angkatan tuuuuua banget sampe' mengakar sekarang ini, yaitu SKS (situs ke situs) yang selalu lebih sering disebut CKC (Candi ke Candi) karena emang obyek situs yang dikunjungi mesti selalu sering dan nggak pernah berubah ke situs jaman lain selain situs klasik yang emang banyak obyeknya ada di daerah Jogja-Jawa Tengah.

Nah, tujuan kali ini diputuskan ambil jalur daerah utara, Magelang. Cuma butuh waktu 1 jam perjalanan normal sih sampe' ke daerah sana. Dan tahun ini, ada 7 situs candi yang bakal dikunjungi. Pertama dimulai dari Candi Gunung Wukir, Candi Ngawen, Candi Pawon, Candi Mendut, Candi Asu, Candi Pendhem, dan terakhir adalah Candi Lumbung.

Sayang sekali, dari jadwal semula yang diperkiraankan berangkat jam 7 malah akhirnya mesti molor 2 jam. Apa boleh buat sih, mendung melanda, hujan gerimis mengguyur persis menandakan ada orang yang grantes pagi ini. Tapi tetep kita berusaha menyalakan semangat buat piknik hari ini.

Nggak kayak acara Abhiseka yang penuh pressing, CKC ini lebih santai dan emang dibuat agar bikin kompak anak-anak arkeo dari tiap angkatan.

Suasana kompak makin terasa saat makan siang di Candi Mendut. Di bawah akar-akar pohon yang menjuntai dari pohon beringin mendadak anak-anak arkeo berubah jadi tarzan dan gelantungan nggak jelas. Seru. Aneh. Konyol. Apapunlah itu.

Begitu berangkat ke kawasan Candi Asu, Pendhem dan Lumbung, yang emang satu kompleks, hujan datang menghadang.

*gilee hujan grantes gak berenti juga ya!*

Tapi tetep, nekad aja ditembus. Sampai akhirnya penutupan acara CKC yang dilakuin di deket Candi Lumbung, semua orang, baik peserta, panitia, tamu diceburin di kali yang adeeem gila ditambah gerimisi turun yang lumayan deres. Gile! Dinginnya sampe' bikin badan gemetaran dan nggak berhenti bergemelutuk nih gigi. *sampe jari kelingking sempet mati rasa~!*

Hari ini emang berkesan banget. Semoga dengan ini anak-anak arkeologi makin akrab dan kompak...



No comments: